Home Email Display Clock Web Home Email Display Clock Web Web
SEBUAH TULISAN SEORANG ANAK IDIOT YANG MENGGEMASKAN!!!

Minggu, 25 April 2010

Manusia dan Pandangan Hidup

Setiap manusia pasti mempunyai pandangan hidup.Pandangan itu bersifat kodrati, karena itu menentukan masa depan hidup seseorang.Untuk itu kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu pandangan hidup.Pandangan hidup adalah pertimbangan atau pendapat yang dijadikan pegangan , pedoman , arahan , petunjuk hidup di dunia.

Pandangan Hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup ini sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Semua perbuatan, tingkah laku dan aturan serta undang-undang harus merupakan pancaran dari pandangan hidup yang telah dirumuskan.

Pandangan hidup sering disebut filsafat hidup. Filsafat hidup dapat mambantu kita untuk membentuk suatu keinginan atau harpan dalam diri kita yang juga dapat kita sebut sebagai cita – cita.Dengan adanya cita – cita atau tujuan dalam hidup manusia, maka manusia hiudp akan lebih bersemangat untuk mencapai cita – cita tersebut.

Seiring dengan perkembanganya pandangan hidup sangat berkaitan juga dengan kebajikan. Kebajikan atau kebaikan pada hakikatnya adalah perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama atau etika. Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik dan makhluk bermoral.

Akal dan budi sebagai milik manusia ternyata membawaciri tersendiri akan diri manusia itu. Sebab akal dan budi mengakibatkan manusia memiliki keunggulan dibandingkan dengan makhluk lainnya. Satu diantar keunggulan manusia tersebut ialah pandangan hidup. Disatu pihak manusia menyadari bahwa dirinya lemah, dipihak lain menusia menyadari kehidupannya lebih kompleks.

blogger-emoticon.blogspot.com

0 comments: